7 Tips Perjalanan Bebas Stress

Biasanya jika terjadi kemacetan lalu lintas, anak-anak menjadi rewel di dalam mobil, berada di belakang kemudi terkadang bisa menjadi pengalaman yang melelahkan. Namun, dengan mengikuti 7 tips perjalanan bebas stress dari kami, Anda dapat menantikan perjalanan darat yang santai dan menyenangkan – dan memberikan kebebasan yang diberikan dengan menyewa mobil.

1. Rencanakan rute Anda

Meskipun beberapa orang berpandangan bahwa tersesat menambah kesenangan dan petualangan perjalanan, kebanyakan dari kita lebih suka sampai ke tujuan tanpa memperdebatkan arah. Gunakan peta untuk merencanakan rute Anda, menandai titik awal dan akhir serta tempat mana pun yang ingin Anda singgahi dan lihat di sepanjang jalan.

Jangan lupa untuk mencari tahu terlebih dahulu apakah ada jalan yang sebaiknya dihindari karena lalu lintas atau pekerjaan jalan, karena ini akan menghemat waktu dan stres. Mengandalkan hanya pada GPS bukanlah ide yang baik, karena rute tidak selalu sepenuhnya akurat atau mutakhir.

2. Buat anak-anak tetap terhibur

Perjalanan Anak-anak di Mobil | Foto : xframe.io

Perjalanan panjang dengan membawa anak-anak sebagai penumpang tidak perlu menjadi mimpi buruk. Jika si kecil cenderung gelisah di dalam mobil, pastikan Anda memiliki berbagai hal untuk membuatnya tetap sibuk. Tablet menawarkan keserbagunaan yang luar biasa, karena anak-anak dapat bermain game, mendengarkan musik, dan menonton acara favorit mereka dari kursi belakang yang nyaman.

Untuk supaya lebih seru lagi, libatkan anak-anak dalam beberapa permainan seperti menebak berapa banyak mobil dengan warna tertentu yang dapat mereka temukan dalam waktu yang ditentukan. Buku mewarnai juga bisa menjadi opsi untuk anak kecil; Anda bahkan dapat menghadiahi mereka dengan hadiah kecil untuk setiap gambar yang mereka selesaikan.

3. Periksa Kondisi Mobil Anda

Baik Anda mengendarai mobil sendiri atau kendaraan sewaan, selalu periksa apakah mobil dalam keadaan baik. Pastikan oli dan pendingin telah diisi ulang, periksa tekanan ban dan juga pastikan wiper, rem, lampu dan power steering berfungsi dengan baik.

4. Buat Daftar Musik

Musik untuk di Mobil | Foto : Unsplash

Mendengarkan lagu favorit Anda secara instan membuat Anda merasa lebih santai di belakang kemudi, jadi buatlah kompilasi music Anda sendiri melalui ponsel atau pemutar MP3 Anda.
Duduk, buka jendela dan putar nada. Jika Anda ingin istirahat dari musik, Anda juga dapat mengunduh beberapa buku audio atau podcast untuk didengarkan.

5. Persediaan Snack

Pastikan Anda memiliki snack/makanan ringan yang cukup untuk menahan rasa lapar semua orang sampai Anda mencapai tujuan. Energy bar akan membantu Anda tetap waspada di belakang kemudi, sementara camilan berbahan dasar oat (seperti kue kering atau sereal) adalah sarapan yang enak saat bepergian jika Anda memulai lebih awal.

Jika Anda ingin mengambil beberapa buah, pilih jenis yang tidak perlu dikupas dan mudah diambil seperti anggur, ceri, dan berry sangat cocok, dan buah kering (keripik pisang, dan keripik aep) adalah pilihan bagus lainnya.

Jika Anda akan mengemudi untuk waktu yang lumayan lama, pertimbangkan untuk mengemas kotak dingin dengan roti lapis, keripik, dan pilihan minuman agar Anda tetap terhidrasi. Jangan lupa membawa beberapa tas untuk menaruh sampah Anda setelahnya, ini akan membantu menjaga kebersihan mobil Anda, terutama jika Anda bepergian dengan anak-anak yang cenderung membuat repot.

6. Rencanakan Istirahat di Toilet

Tidak ada yang lebih buruk daripada terjebak di jalan dan tidak tahu seberapa jauh toilet terdekat, jadi lihat di mana Anda bisa berhenti untuk buang air kecil di sepanjang jalan.

Toilet pada Pom Bensin adalah pilihan yang mudah, tetapi rest area tol juga memiliki toilet umum yang tersedia untuk Anda gunakan. Bahkan jika Anda tidak membutuhkan toilet, istirahat teratur akan membantu Anda tetap waspada dan memberi Anda waktu untuk meregangkan kaki.

7. Rental Mobil dengan Supir

Menyewa Mobil dengan Supir | Foto : Unsplash

Dengan menyewa mobil dan supir, dapat membuat perjalan Anda pun semakin mudah. Pengemudi dapat membantu menavigasi dan menangani proses penyewaan mobil. Ini bisa menjadi pilihan bagus bagi mereka yang ingin menjelajahi daerah baru tanpa harus khawatir mengemudi ataupun tersasar. Mereka juga dapat membantu dengan bagasi dan memberikan pengetahuan lokal daerah tersebut.